23 Juli 2012

ARE U C 4 ME



RUC4ME: FULL HEART LOVE
Retret para jomblo Katolik yang diberi label “Are You Created for Me?” atau yang lebih dikenal dengan singkatan RUC4ME yang diprakarsai oleh KTM Dewasa Muda dari Distrik 1 Jakarta telah berhasil mengumpulkan 100 orang lebih para jomblo Katolik yang berusia 25-45. Retret ini dimulai dari tgl 27 - 29 April 2012. Retret kali ini mengambil tema utama “FULL HEART LOVE”



Peserta retret berangkat bersama dari Gereja Katedral Jakarta pukul 12.30 menuju Lembah Karmel. Sopir bis yang biasanya ngebut, kali ini berjalan dengan lambat. Sore pukul 16.00 kami sampai di Lembah Karmel kemudian beristirahat sejenak untuk mandi dan merilekskan badan setelah menempuh perjalanan 3 jam lebih di dalam bis. 

Jam 5 sore para peserta sudah berkumpul kembali. Acara dibuka dengan ice breaking untuk mencairkan suasana dan mengakrabkan peserta yang berasal dari berbagai tempat dan kota ini. Peserta kali ini selain dari Jakarta dan sekitarnya juga ada yang dari Bali, Lampung, Pontianak, Semarang, Jogja, Malang dan banyak lagi kota lainnya. Setelah suasana agak mencair kemudian dilanjutkan dengan misa kudus yang dipimpin oleh Rm Joseph Krisostomus CSE, pendamping utama dalam retret ini yang berbicara tentang panggilan dalam homilinya. 

Ada 5 sesi utama dalam retret ini. Sesi 1 yang dibawakan oleh Fr Serafim CSE berbicara tentang “Created for Love” kemudian dilanjutkan oleh Sr Skolastika P Karm yang berbicara tentang “Love Defined: Giving & Using, Truth & Freedom.” Sesi 3 adalah sesi yang menarik dan membuat orang penasaran hanya dengan membaca judul topik yang akan dibahas yaitu “Naked Without Shame”. Sesi ke 4 ini sesi yang paling unik karena berisi tentang tips pacaran “Dating with purpose & purity” tetapi dibawakan oleh seorang frater yaitu Fr Brian CSE. Sesi terakhir adalah sesi Pengenalan KTM yang dibawakan oleh saudara Sampono.





















Selain sesi-sesi yang dibawakan di dalam aula, peserta juga mendapatkan sesi yang dibawakan di dalam kapel seperti sesi untuk penyembuhan luka batin. Di dalam sesi ini, peserta dibawa untuk merenung kembali untuk memohon petunjuk Tuhan untuk menemukan luka batinnya dan untuk dapat mengampuni semua situasi yang membuatnya terluka tersebut. Sesi ini juga disertai dengan pembasuhan kaki sebagai simbol untuk saling mengampuni dengan membasuh kaki. Setelah mengalami penyembuhan dari luka batinnya, peserta kembali dibawa ke dalam adorasi untuk merasakan bahwa kasih Tuhan sungguh nyata dalam hidup mereka. Tuhan Yesus yang tidak pernah meninggalkan mereka semua dan selalu setia untuk membimbing dan menyertai seluruh jalan hidup mereka. 

Pada hari Minggu, sebelum pulang, para peserta kembali diajak untuk bersyukur karena retret dapat berjalan dengan lancar dan pada hari Minggu yang bertepatan dengan hari Minggu panggilan ini, Rm Joseph kembali berbicara tentang panggilan baik itu panggilan untuk berkeluarga, panggilan untuk menjadi biarawan dan biarawati maupun panggilan untuk menjadi selibat awam. Acara misa ini ditutup dengan pembaharuan komitment untuk membagikan kasih kepada sesama.

Sebelum pulang, peserta juga membagikan kesan dan pesannya selama mengikuti retret ini. Sekitar jam 3 sore, seluruh peserta dan panitia meninggalkan Lembah Karmel untuk kembali ke Jakarta.

Sebagai penutup cerita ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih untuk Rm Joseph Krisostomus CSE, Rm Eliza CSE, Rm Johan CP, seluruh suster P Karm dan romo serta frater CSE, seluruh rekan-rekan dari distrik 1 dan 5 Jakarta, distrik Muda Mudi Jakarta, distrik Tangerang dan distrik Cipanas dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Tuhan memberkati kalian semua.

Yunita
 



Tidak ada komentar: